Terobosan LPM Memperindah Pantai Oesapa Kupang


Ayananews.com, Kupang – Keindahan itu bukan datang dengan sendirinya. Namun atas perjuangan panjang dan tangan dingin dari pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bersama pemuda Kelurahan Oesapa. Dia adalah Adi Welly de Haan yang menjadi motor penggerak sehingga pantai yang terletak di jalan Timor Raya ini dijadikan sebagai tempat wisata.

Pantai Oesapa kini telah ramai dikunjungi. Kesan kumuh sudah tidak terlihat lagi. Namun yang ada kerlap kerlip lampu di temani alunan musik karoke. Muda – mudi bergurau ria di pantai dekat dengan pasar Oesapa Kupang ini.

Pantai yang dibuka sore hari pukul 17.00 Wita hingga malam pukul 23.00 Wita ini. Banyak dikunjungi muda – mudi, ada yang sekedar berselfi ria dan menikmati jagung bakar, pisang bakar serta kopi sore sampai menikmati sunset.

Harga yang ditawarkan pedagang kaki lima adalah harga kaki lima. Tetapi rasa bintang lima, Jagung dan bakar keju dihargai Rp5 ribu per porsi. Demikian juga dengan minuman, aneka jus Rp15.000.

Di pantai ini pula, setiap pengunjung dimanjakan dengan musik Karoke. Satu paket lagu Rp10.000. Setiap malam Minggu, pantai dengan jarak 500 meter dari cabang ini cukup ramai dikunjungi. Kemudahan akses ini, membuat pasti ini menjadi tempat favorit para remaja dan keluarga.

“Kita gandeng semua pihak, untuk kembangkan pantai ini. Ke depan akan terus melakukan pengembangan untuk potensi pariwisata di Kota Kupang,”kata ketua LPM Oesapa, Adi Welly de Haan pada media, Sabtu (2/9/2017).

Dikatakannya, saat ini LPM telah mendapat dukungan dari donatur, Awang Notoprawiro yang telah membantu untuk penataan pasar. Demikian juga dengan penataan kuliner di pantai pada malam hari.

Dia berharap Pemerintah Kota Kupang (Pemkot) membantu pembebasan lahan karena lahan masih milik masyarakat serta mempermudah pengurusan ijin dan surat – surat. Sehingga ke depan pantai tersebut semakin ramai di kunjungi warga. Supaya ada yang membuka usaha karoke dan jagung bakar.

“Pemerintah sudah janji selesaikan masalah lahan dan sampai sekarang belum terselesaikan. Kami harap di bawah kepemimpinan Jefri dan Herman untuk mendapat sentuhan dalam pengembangan pariwisata di kota Kupang,”katanya.

Mama Ani, salah satu pedagang kaki lima mengatakan bahwa pantai Oesapa semakin ramai dikunjungi masyarakat. Katanya, pantai ini menjadi satu – satunya pantai gratis yang dapat diakses masyarakat.

“Saya jual sudah lama, baru akhir – akhir ini ramai dikunjungi. Karena banyak mahasiswa. Kami jual juga sesuai dengan kantong mahasiswa,”katanya.

Andios, seorang pengunjung mengatakan bahwa pantai ini masih butuh semtuhan banyak. Dia pernah pemerintah menyediakan tempat sampah dan membangun WC umum serta lampu jalan. (Nathan Gah)

Ketua LPM Kelurahan Oesapa

 

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terobosan LPM Memperindah Pantai Oesapa Kupang

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format